See My World!

If u donn’t undersatand my word
so how can u read my mind...

Tuesday, February 7, 2012

#11 Bubbles "Contoh Pidato Bahasa Indonesia"



Assalamualaikum Wr. Wb.
            Salam sejahtera bagi kita semua.
            Yang terhormat Ibu Sri Murtini Penguji 1 Ujian Praktek Bahasa Indonesia SMPN 01 Kayen
            Yang terhormat Ibu Sudarsi Penguji 2 Ujian Praktek Bahasa Indonesia SMPN 01 Kayen
            Dan teman-teman yang saya sayangi.
            Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat serta hidayahnya sehingga kita dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat wal ‘afiat tanpa kurang suatu apapun. Tak lupa sholawat serta salam kita haturkan kepada junjungan besar kita Nabi Muhammad SAW yang kita nantikan syafaatnya di yaumul akhir nanti.
            Pada kesempatan ini, saya akan berbicara tentang Film Asing, Hiburan sekaligus Media Pendidikan. Sebelumnya, apakah Hiburan itu? Hiburan adalah suatu kegiatan atau suatu hal yang bisa menghilangkan rasa jenuh, lelah serta bosan. Dan apakah Media Pendidikan itu? Media Pendidikan adalah sesuatu yang bisa menjadi sumber ilmu pengetahuan.
            Hadirin yang terhormat, kita sebagai pelajar, dituntut untuk belajar setiap hari. Adakalanya, kita merasa jenuh dan bosan. Tetapi semua itu harus kita kendalikan agar rasa jenuh tersebut tidak berlarut-larut dan bisa menyebabkan rasa malas dalam melakukan sesuatu terutama belajar. Untuk itu kita membutuhkan sesuatu yang bisa menghilangkan rasa jenuh tersebut, yakni hiburan.
            Hiburan hampir menjadi kebutuhan pokok manusia. Setiap hari, manusia membutuhkannya untuk melepas rasa lelah setelah melakukan berbagai aktivitas. Salah satu hiburan yang multiguna adalah menonton film-film luar atau film-film asing. Film asing, selain menjadi hiburan yang menyenangkan juga bersifat edukatif. Bagaimana tidak? Dalam sekali menonton film asing, tanpa sengaja, kita telah belajar lebih dari 300 kata asing beserta terjemahannya. Kita juga bisa mengetahui budaya asing dan pola hidup manusia di tempat yang berbeda.  Tetapi, film asing juga memiliki dampak negatif. Misalnya, budaya barat yang melanggar norma-norma budaya kita.
            Oleh karena itu, kita harus memiliki benteng, prinsip serta filterisasi yang kuat agar kita tidak mudah terombang-ambing dalam arus peradaban yang semakin menjauh dari norma-norma yang berlaku. Dan supaya kita bisa memanfaatkan teknologi dengan semaksimalkan mungkin.
            Dari uraian saya di atas, dapat disimpulkan bahwa film asing adalah hiburan yang bersifat edukatif dan memiliki segi positif dan segi negatif. Jika kita memiliki prinsip   dan  filter   yang   kuat,   kita   bisa   memaksimalkan   segi   positifnya  dan meminimalkan segi  negatifnya.  Untuk itu, sebagai generasi penerus bangsa  yang dituntut untuk selalu berpikir kritis, marilah kita memperkuat filterisasi terhadap arus globalisasi yang semakin menggila. Karena seorang pemenang, bukanlah orang yang mampu membuat sebuah teknologi canggih. Tetapi seorang pemenang adalah orang yang mampu menganalisa dan memanfaatkan teknologi canggih yang telah tersedia.
            Sekian yang dapat saya sampaikan. Jika ada tutur kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf. Akhirnya, terima kasih dan,
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

No comments:

Post a Comment